Pentingnya Peran Guru BK (Bimbingan Konseling) di sekolah


Guru BK atau lebih dikenal dengan Guru Bimbingan Konseling adalah guru yang bertugas sebagai pendamping bagi setiap siswa serta guru yang memberi bimbingan dan konseling dalam penuntasan masalah yang di alami siswa di sekolah yang pada akhirnya mereka dapat menyelesaikan masalah yang terjadi di sekolah serta mencari jalan keluar apabila siswa mengalami masalah tidak dapat mereka selesaikan sendiri.

Guru BK bukan hanya guru biasa ia seleyaknya teman ngobrol, orang tua bahkan sahabat bagi siswanya maka ideal nya Jumlah guru BK di sekolah itu harus lebih dari satu, karena setiap guru BK hanya bisa mengontrol 20 siswa yang akan di ukutin perkembangan nya dari siswa mulai mendaftar di sekolah sampai siswa tersebut lulus dengan baik di sekolah, begitulah pendapat admin.

FUNGSI DAN PERAN GURU BK (Bimbingan Konseling) BAGI PERKEMBANGAN SISWA DI SEKOLAH

FUNGSI DAN PERAN GURU BK (Bimbingan Konseling) BAGI PERKEMBANGAN SISWA DI SEKOLAH


Fungsi Guru BK bagi perkembangan siswa di sekolah adalah karena sekolah merupakan rumah kedua bagi siswa-siswi, waktu yang mereka habiskan hampir 8 jam setiap hari, maka dari itu semua kegiatan siswa-siswi disekolah adalah merupakan salah satu peran dan tugas guru BK baik dalam bermain, bersosialisasi serta menemukan pengamalan baru setiap hari nya, baiklah mari kita bahasa fungsi secara detail yang wajib di emban bagi guru BK (Bimbingan Konseling) diantaranya:

Memberikan Pemahaman Ketika Siswa Siswi Sulit Memutuskan Masalah

Siswa siswi tidak jarang menghadapi masalah yang sulit mereka pecahkan sendiri dan tidak jarang siswa siswi tertutup da menutupi masalah tersebut karena mungkin mereka takut, khawatir atau cemas terhadap respon yang mereka fikir itu akan berdampak pada temannya dan lingkungannya. Nah disini Guru BK hadir untuk memberikan pemahaman sesuai pola dan gaya berfikir si siswa siswi tersebut sehingga siswa dan siswi tidak sukar memutuskan masalah dan mental mereka tetap terjaga.

Memberikan Pencegahan Awal  atau Larangan Dini

Terkadang siswa siswi sulit untuk mengontrol emosi mereka, karena mereka dalam pembentukan jati diri dan sedang mencari jati diri mereka, alhasil setiap tindakan mereka kadang terkesan buru-buru dan tidak jarang mereka memfikirkannya terlebih dahulu. Tindakan yang akan berdampak pada mental diri sendiri dan teman teman nya maka guru BK harus hadir dalam melakukan pencegahan dini supaya masalah yang timbul tidak meluas.

Memberikan Penyelesaian dan Penuntasan Masalah

Salah satu fungsi guru BK (Bimbingan Konseling) adalah solutif terhadap masalah yang dialami siswa dan siswi. Ketika siswa dan siswi sukar menyelesaikan masalahnya sendiri guru BK hadir memberikan mereka ide cara menyelesaikan masalahnya sendiri. Hanya ide bukan jalan keluar karena jika kita memberikan jalan keluar tanpa ada usaha yang dilakukan siswa siswi maka, ini juga dapat mempengaruhi mental mereka yaitu mental ketergantungan terhadap orang lain.

Pengembangan Kepribadian Siswa

Siswa siswi di sekolah tidak jarang dan tidak sedikit jumlah nya didalam lingkungan sekolah mereka sangat susah menentukan jalan mencari kepribadian meraka, maka tidak sedikit juga melakukan hal-hal negatif karena kurangnya tuntunan dan tontonan yang menjadi acuan mereka. Maka disini peran penting orang tua dan berkerjasama dengan guru BK disekolah agar mencari tahu minat dan bakat si anak supaya kita bisa mengambil keputusan dalam pengembangan kepribadiannya dalam menentukan jati diri mereka agar lebih terarah ke hal-hal bersifat positif.

Memberikan Motivasi dan Insipirasi dalam Belajar

Contah adalah guru yang paling mudah ditiru bagi siswa dan siswi, contoh atau tontonan atau model merupakan hal penting yang jarang ditunjukkan oleh guru pada saat ini. Maka ada pepatah yang sangat dalam maknanya yaitu  : "Guru kecing berdiri, Murid kencing berlari". Motivasi sangat penting namun lebih penting dan efektif lagi adalah memberikan contoh yang baik, misalnya guru membiasakan memberikan salam sebelum memulai belajar maka, hal sekecil itu akan siswa praktikkan di lingkungan pertemanan mereka juga akan memberikan salam ketika saling berjumpa sesama teman mereka.

Memberikan Tuntunan dan Tontonan serta Row Model Budi Pekerti dan Pengembangan Diri Siswa

Di era 90'an budi pekerti adalah pelajaran yang wajib bagi setiap siswa, kita tidak tau mengapa saat ini pelajaran budi pekerti sangat jarang kita jumpai di lingkungan sekolah, maka tak hayal siswa hilang tuntunan dan tontonan yang menjadi model mereka. Mungkin sebagian guru tidak atau belum sadar bahwasanya mereka adalah sebuah model bagi siswa siswinya, setiap tindakan, ucapan guru itu penting bagi alam bawah sadar siswa siswi nya. Tujuan Guru atau tujuan pendidikan sebenarnya mendidik, dan mendidik meliputi pengajaran budi pekerti yang utama baru ilmu itu yang kedua.

Memberi Bantuan Kepada Guru Lain

Fungsi dan peranan guru BK di sekolah yang terakhir adalah memberikan bantuan kepada guru lain terhadap masalah perkembangan siswa siswi di sekolah, karena misalnya guru matematika berfokus pada pengajaran ilmu matematika dan ketika siswanya mengalami masalah terhadap proses belajar mengajar maka disaat ini Guru BK hadir memberikan solusi yang perlu dicoba oleh guru matematika tersebut.

Demikianlah fungsi dan peran penting Guru BK (Bimbingan Konseling) di sekolah terdahap perkembangan kepribadian siswa siswi ke hal hal positif serta cara bagaimana guru BK mengatasi siswa siswi yang mengalami permasalah dalam belajar mengajar, sosialisasi di lingkungan sekaloh dan masalah mental siswa.