Yuk Pahami Lebih Dalam Tentang Administrasi Keuangan

Konten [Tampil]

Administrasi keuangan merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Karir di bidang ini juga disebut-sebut sangat diminati karena banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja tersebut.

Apa itu Administrasi Keuangan

Administrasi Keuangan merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mengelola keuangan, dimana hal ini mencakup berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian tujuan suatu perusahaan atau organisasi. 

Pengertian Administrasi Keuangan

Pengertian administrasi keuangan adalah suatu kebijakan yang berkaitan dengan pengadaan dan penggunaan keuangan organisasi dalam mewujudkan kegiatan organisasi, dimana hal tersebut dapat berupa pengelolaan keuangan yang meliputi perencanaan, pengaturan, pertanggungjawaban dan pengawasan.

Dengan kata lain, administrasi keuangan adalah kegiatan pengelolaan keuangan yang meliputi penyusunan anggaran, penentuan sumber dana, cara penggunaannya, dan pembukuan.

Secara umum, penerapan administrasi keuangan yang baik akan berdampak positif terhadap produktivitas dan kondisi kerja di suatu perusahaan. Hal ini akan membuat pengelolaan keuangan menjadi lebih terorganisir dengan baik sehingga memberikan output yang baik bagi perusahaan. 

Fungsi Administrasi Keuangan 

Jika mengacu pada definisi di atas, administrasi keuangan mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut:

Fungsi Investasi

Fungsi investasi adalah seluruh kegiatan pengelolaan modal menjadi aset yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Investasi dapat diperoleh dari modal yang berasal dari dalam organisasi maupun dari luar organisasi, dimana hal ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu investasi jangka panjang dan jangka pendek.

Fungsi Mencari Dana

Fungsi administrasi keuangan selanjutnya adalah fungsi mencari sumber permodalan yang akan digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan. 

Tak hanya itu, fungsi ini juga akan memilah dan memilih berbagai sumber permodalan yang disesuaikan dengan jenis kebutuhan masing-masing.

Fungsi Pengeluaran

Merupakan fungsi administrasi keuangan yang berkaitan dengan penggunaan dana yang dimaksudkan untuk membiayai berbagai kegiatan, baik dana yang berasal dari luar maupun dana yang merupakan modal sendiri. 

Fungsi pembelanjaan yang dilakukan berkaitan dengan kegiatan produksi atau penunjang kegiatan produksi perusahaan.

Fungsi Pembagian Laba

Fungsi administrasi keuangan ini merupakan kegiatan membuat dan menetapkan aturan-aturan yang berkaitan dengan pembagian keuntungan usaha. Fungsi ini juga dapat dimasukkan sebagai fungsi mencari dana. 

Artinya perusahaan melakukan upaya untuk mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan dana yang dimiliki perusahaan.

Manfaat Penerapan Administrasi Keuangan

Secara umum manfaat administrasi keuangan adalah sebagai berikut:

● Mencatat penerimaan dan pengeluaran yang terjadi dalam suatu perusahaan, sehingga menjadi lebih terorganisir.

● Menjadikan penggunaan dana perusahaan lebih terkendali, terkoordinasi dan lebih bermanfaat dari sebelumnya.

● Meminimalkan terjadinya permasalahan atau kesalahan dalam proses penyusunan laporan keuangan perusahaan. 

● Komponen Yang Terdapat Dalam Administrasi Keuangan

Untuk melaksanakan tugas administrasi keuangan dengan baik diperlukan komponen-komponen sebagai berikut:

Perencanaan Keuangan

Ini adalah semua kegiatan perencanaan pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan perusahaan untuk jangka waktu tertentu.

Penganggaran Keuangan

Itu semua adalah kegiatan yang berkaitan dengan pendapatan, pengeluaran dan berbagai kegiatan lainnya yang telah direncanakan sebelumnya dan telah dianggarkan secara rinci.

Manajemen Keuangan

Hal ini merupakan penggunaan dana sedemikian rupa, dimana bertujuan untuk memaksimalkan kinerja perusahaan. 

Pencarian Keuangan

Itu semua adalah hal yang berkaitan dengan upaya penyediaan dana, agar seluruh aktivitas perusahaan dapat berjalan lancar.

Penyimpanan Keuangan

Ini merupakan kegiatan mengumpulkan dana perusahaan dan menyimpan dana tersebut di tempat yang paling aman.

Pengendalian Keuangan

Hal ini berkaitan dengan penilaian dan perbaikan sistem dan kinerja bagian keuangan suatu perusahaan.

Pemeriksaan Keuangan

Itulah berbagai hal yang berkaitan dengan audit internal pada bagian keuangan, dimana hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan pada keuangan perusahaan. 

Apabila seluruh komponen di atas dapat dipenuhi dengan baik, maka berbagai tugas administrasi keuangan perusahaan akan terselesaikan dengan baik. 

Petugas Administrasi Keuangan

Tugas administrasi keuangan biasanya dilaksanakan oleh beberapa pejabat, antara lain:

Administrasi Kantor

Berikut ini adalah beberapa tugas yang harus dilaksanakan oleh administrasi perkantoran:

● Bertanggung jawab atas aktivitas keuangan yang terjadi antara perusahaan dan bank, misalnya terkait penarikan dana dari bank.

● Menyelesaikan pembayaran rekening pajak dan membayar berbagai sumbangan lainnya yang dilakukan atas nama pimpinan perusahaan.

● Mengelola kas kecil, melakukan pencatatan keuangan, dan menyediakan dana yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan rutin kecil perusahaan.

Bendahara

Seorang bendahara (kasir) bertugas dan bertanggung jawab menerima permohonan kas kecil dan laporan pembukuan dari administrasi kantor. Setelah itu, bendahara akan mengisi kas kecil yang bisa berupa uang tunai atau cek.

Manajer Keuangan

Manajer keuangan mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menerima dan memeriksa laporan kas kecil, kemudian menyetujui permohonan pengisian dana kas kecil itu sendiri. 

Demikian ulasan artikel tentang Yuk Pahami Lebih Dalam Tentang Administrasi Keuangan seperti yang dilansir bandar toto macau, Semoga bermanfaat.

Balanjaindonesia.com adalah media belanja online yang menyuguhkan macam benda dan barang mengenai dunia teknologi

0 Response to "Yuk Pahami Lebih Dalam Tentang Administrasi Keuangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel