Yuk Ikuti Beberapa Cara Memulai Bisnis Tanaman Hias Bagi Pemula

Konten [Tampil]

Hobi merawat tanaman semakin populer di kalangan masyarakat. Dari muda hingga tua, semua orang suka memiliki tanaman hias di pekarangan rumahnya. Tentu bagi Anda, ini merupakan peluang bisnis yang besar. Bingung mengambil langkah? Simak ulasan cara memulai Bisnis Tanaman Hias berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Tanaman Hias

Menanam dan merawat tanaman hias merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Sebuah pekerjaan yang membutuhkan interaksi dengan alam. Hal ini tentu menghilangkan rasa penat, apalagi di tengah kesibukan. 

Menyiram tanaman saja sudah terasa sejuk. Melihat kembali dedaunan segar, memotret kehijauan dan keindahannya, jelas membawa manfaat bagi kesehatan mental. 

Apakah Anda sebenarnya juga punya hobi mengoleksi tanaman hias atau tidak? Biasanya orang yang ingin mengetahui cara berbisnis tanaman hias berasal dari kalangan yang sudah senang merawat tanaman hias sejak awal. 

Namun dalam beberapa kasus tidak selalu seperti itu. Biasanya orang yang mempunyai hobi mengoleksi tanaman hias bisa membeli satu jenis tanaman dalam jumlah banyak sekaligus. 

Cara berbisnis tanaman hias tidak hanya membahas tentang penjualan tanaman dan pot saja, namun juga bibit, akar, bunga, daun, dan batang dari jenis tanaman tertentu yang mempunyai nilai jual. Biasanya jenis tanaman yang biasa dijadikan sebagai obat herbal alternatif.

Cara Memulai Bisnis Tanaman Hias Bagi Pemula

Berbisnis tanaman hias juga cocok bagi Anda yang belum pernah berjualan apa pun sebelumnya. Berikut beberapa tips yang perlu diikuti agar bisnis tanaman hias semakin sukses dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Cermat Memilih Jenis Tanaman Hias

Bagi Anda yang pada dasarnya adalah pecinta tanaman hias, mungkin langkah ini tidak akan sulit. Namun bagi Anda yang masih awam dengan tanaman hias dan ingin membuka usaha di bidangnya, sebaiknya pilih tanaman yang mudah dibudidayakan untuk dijual. 

Memilih tanaman untuk dijual membutuhkan waktu yang lama. Anda tidak perlu tinggal di sana. 

Belajar memahami jenis-jenis tanaman hias serta apa yang banyak dicari di pasaran sekaligus menjual tanaman hias yang umum dan mudah dibudidayakan. 

Beberapa jenis tanaman hias yang mudah dibudidayakan adalah Anggrek, Aglaonema, Janda Bolong, Lidah Mertua, Bunga Mawar, Sirih Gading, Pakis Tanduk Rusa, Bonsai, Palem Bambu, Kaktus, dan Bunga Melati.

Setelah itu, Anda bisa mulai berani menjual tanaman hias dengan model budidaya yang lebih rumit. Selain itu, jangan lupa untuk menjual peralatan lainnya seperti peralatan berkebun, pot, pupuk, dan lain sebagainya.

Paham Dasar Perawatan Tanaman

Anda perlu memahami dasar-dasar merawat tanaman hias. Hal ini akan membantu dalam pengendalian proses budidaya tanaman dengan baik. Ketahui kontur tanah dan jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias.

Dimanakah informasi terlengkap mengenai dasar-dasar perawatan tanaman hias? Banyak bisa ditemukan di YouTube, ikuti juga akun para pecinta tanaman hias di media sosial. Dengan begitu Anda tidak akan menemukan tanaman yang rusak atau tidak layak untuk dijual.

Modal Usaha Tanaman Hias Sekitar Rp 3 Juta

Modal usaha menjadi kunci utama. Suatu bisnis tidak dapat berjalan tanpa adanya modal yang mendukungnya. Setidaknya modal awal yang bisa disiapkan untuk bisnis hobi ini berkisar Rp 3 juta. 

Rincian nilainya, seperti tanaman hias yang akan dibudidayakan termasuk bibitnya Rp2 juta dan perlengkapan perawatannya sekitar Rp1 juta. 

Semua perhitungan ini mencatat, akan lebih murah jika Anda memiliki persediaan dan peralatan terlebih dahulu. Alokasi dana untuk tempat perdagangan tidak dihitung. Anda dapat mulai berdagang secara online. 

Jadikan bisnis Anda semenarik mungkin di mata pasar. Setelah bisnis tanaman hias ini sukses secara online, Anda bisa mulai menabung untuk persiapan mendirikan toko fisik.

Membuat Brand Identity

Keberhasilan bisnis Anda terletak pada bagaimana Anda mengemas dan memperkenalkan bisnis Anda kepada masyarakat. 

Salah satu tips mudah yang bisa Anda coba adalah dengan memperkenalkan bisnis Anda kepada komunitas pecinta tanaman hias, atau melalui media sosial yang ada yaitu dengan membuat konten semenarik mungkin.

Coba juga pasang iklan di area lokal Anda, dan online juga tentunya. Konten iklan harus sederhana namun unik. Sematkan juga beberapa foto tanaman yang Anda jual. 

Salah satu hal yang cukup efektif dalam jangka panjang adalah website. Mengenai hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia layanan SEO bulanan.

Tips lain untuk membangun identitas brand Anda adalah dengan memberi nilai lebih pada komponen selain tanaman hias. Misalnya pot yang Anda jual lucu dan minimalis. Atau Anda menawarkan paket tanaman hias lengkap dengan peralatan berkebun super kompak.

Sebab, tanaman hias yang Anda jual dan yang dijual orang lain sebenarnya sama. Anda hanya mendapatkan keuntungan dari model pot dan paket peralatan berkebun yang kompak dan minimalis.

Mengikuti Tren Tanaman Hias

Yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah tanaman hias juga mengalami perubahan tren. Ada jenis tanaman hias yang sedang populer saat ini, ada juga yang trendnya selalu stagnan, tidak pernah meningkat, namun penjualannya tetap ada. 

Mengetahui daftar tanaman hias terbaru dan angka penjualan tiap jenisnya akan sangat membantu Anda. Anda bisa menentukan langkah Anda dengan lebih bijak kedepannya.

Demikian ulasan artikel tentang Yuk Ikuti Beberapa Cara Memulai Bisnis Tanaman Hias Bagi Pemula seperti yang dilansir situs Toto macau, Semoga bermanfaat.

Balanjaindonesia.com adalah media belanja online yang menyuguhkan macam benda dan barang mengenai dunia teknologi

0 Response to "Yuk Ikuti Beberapa Cara Memulai Bisnis Tanaman Hias Bagi Pemula "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel