Ini Dia Jenis Tanaman Dapur Yang Harus Ditanam Sekarang Juga!

Konten [Tampil]

Memiliki rumah yang dilengkapi taman yang dipenuhi tanaman rasanya sangat menyenangkan. Apalagi tanaman ini merupakan Jenis Tanaman Dapur. Jadi selain menyenangkan juga akan sangat membantu dan bermanfaat.

Ini Dia Jenis Tanaman Dapur Yang Harus Ditanam Sekarang Juga!

Dengan memiliki dan menanam sendiri berbagai jenis tanaman dapur tentunya akan membantu Anda dalam menyediakan berbagai kebutuhan dapur. Selain itu juga akan menghemat pengeluaran Anda setiap bulannya.

Jenis Tanaman Dapur

Anda bisa memanfaatkan koleksi berbagai jenis tanaman dapur di taman atau pekarangan rumah Anda. Namun tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa menanamnya di sekitar dapur Anda. 

Ini akan mempercantik tampilan dapur rumah Anda. Oleh karena itu, berikut beberapa jenis tanaman dapur yang wajib Anda tanam untuk mendapatkan berbagai manfaat sekaligus.

Lengkuas

Tanaman dapur hidup pertama yang bisa Anda budidayakan bernama lengkuas atau bisa juga disebut laos.

Lengkuas paling banyak digunakan untuk keperluan penyedap rasa dan juga sebagai bahan obat herbal tradisional. Cara merawat dan menanamnya pun mudah.

Anda bisa menanamnya langsung di pekarangan, atau di media tanam lain seperti polibag dan pot. Selain itu, Anda juga bisa memanennya setelah 3 bulan setelah masa tanam pertama. Dan bumbu lengkuas ini identik dengan rasa pedasnya yang khas.

Kencur

Tanaman dapur jenis ini dapat dimanfaatkan mulai dari daun hingga umbi bumbunya. Biasanya daun kencur digunakan sebagai bahan campuran masakan. Sedangkan kencur sendiri juga mempunyai banyak manfaat, salah satunya kencur merupakan salah satu tanaman obat tradisional.

Kencur dapat dijadikan wedang untuk menghilangkan rasa lelah, serangan flu atau gejala demam. Selain itu, bubuk kencur juga bisa digunakan sebagai scrub yang berkualitas untuk kulit. 

Cara mengolahnya juga relatif mudah. Tanaman lengkuas dapat tumbuh dengan baik meski tanpa perawatan khusus. Asalkan ditanam di lahan yang tanahnya cenderung gembur.

Jahe

Tanaman dapur jenis ini juga memiliki banyak manfaat yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu masakan untuk mendapatkan rasa yang nikmat. Selain itu, jahe yang merupakan tanaman obat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Menyeduh jahe dapat meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan insomnia, mengurangi gejala demam, meredakan keluhan kejang otot dan keluhan lainnya.

Tanaman jahe juga tidak memerlukan perawatan khusus saat menanamnya. Tanaman dapur inipun mudah tumbuh dan dapat tumbuh dengan baik meskipun tanahnya agak kering.

Daun Bawang

Umumnya, sebagai seorang ibu yang gemar memasak, memiliki bumbu dan rempah di halaman rumah adalah sesuatu yang saya impikan. Caranya sangat mudah jika suatu saat Anda ingin memanennya sendiri untuk digunakan sebagai bumbu tambahan pada makanan yang Anda masak. 

Jika Anda memiliki sisa daun bawang yang umbinya memiliki serabut akar, tidak ada salahnya mencoba menanamnya. 

Bibit daun bawang akan cepat dan mudah tumbuh tinggi kembali. Jika Anda sudah memasuki masa panen tanaman dapur jenis ini, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan campuran saat memasak telur goreng. Daun bawang ini dapat menambah rasa gurih pada masakan. 

Selain itu, daun bawang dalam jumlah yang cukup juga dapat menyamarkan bau amis pada telur. 

Bawang Merah

Jenis tanaman dapur lainnya adalah bawang merah. Dan hampir setiap masakan membutuhkan bawang merah untuk mempertahankan cita rasa lezat yang maksimal. 

Bahkan bawang merah goreng pun sangat lezat. Hal ini tentu membuat Anda berpikir ulang ketika ingin berbelanja bawang merah. 

Tanaman bawang merah ini dapat dipanen pada umur 3 bulan setelah penanaman pertama. Selain itu tanaman ini juga dapat tumbuh dengan cukup mudah. Anda juga bisa memanfaatkan bagian bawang merah untuk tambahan penyedap masakan.

Cabai

Tanaman dapur selanjutnya yang wajib Anda miliki adalah cabai. Seringkali harga cabai melonjak secara tiba-tiba. Bagi Anda yang menyukai makanan pedas tentu hal ini bisa menjadi masalah. 

Anda ingin berhemat, tapi makanan Anda pasti akan terasa hambar jika bumbu sambalnya tidak cukup, bukan? Nah, menanamnya sendiri di pekarangan rumah bisa menjadi solusi yang menguntungkan. 

Apalagi setiap panen bisa menghasilkan buah cabai yang cukup banyak. Jadi tidak perlu khawatir jika harga cabai sedang tinggi dan terjadi kelangkaan di pasaran. 

Masakan yang dibumbui cabai terbukti ampuh meningkatkan nafsu makan. Selain itu, kandungan pada cabai juga baik untuk mengoptimalkan sistem metabolisme. Tapi ingat! harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, agar tidak menimbulkan gejala sakit perut yang menyiksa.

Tomat

Tanaman dapur ini juga layak ada di pekarangan rumah Anda. Dimana tomat juga bisa dijadikan sebagai bahan masakan. Selain itu juga bisa dimakan mentah atau dijadikan hiasan dan lalapan. Tomat juga baik untuk dibuat jus dan sebagai bahan perawatan kulit atau kecantikan. 

Tomat juga sering dijadikan pelengkap berbagai masakan yang berbau sambal. Memang warna tomat sangat menggugah selera dan terlihat menyegarkan. 

Tomat juga cocok dijadikan tambahan sayur sop, sebagai penambah kesegaran. Mengolahnya juga tidak terlalu sulit. 

Bibit tanaman tomat dapat dengan mudah tumbuh dengan baik apabila mendapatkan jumlah air dan sinar matahari yang seimbang. Seperti halnya cabai, tanaman tomat juga menghasilkan buah dalam jumlah besar setiap kali dipanen.

Demikian ulasan artikel tentang jenis tanaman dapur yang harus ditanam sekarang seperti yang dilansir alexistogel toto online, Semoga bermanfaat.

Balanjaindonesia.com adalah media belanja online yang menyuguhkan macam benda dan barang mengenai dunia teknologi

0 Response to "Ini Dia Jenis Tanaman Dapur Yang Harus Ditanam Sekarang Juga! "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel