Tips Aman Saat Berkendara Di Pagi Atau Malam Hari

Konten [Tampil]

 Wow, Inilah Tips Aman Saat Berkendara Di Pagi Atau Malam Hari - Mengendarai mobil pribadi memiliki risiko tersendiri, mulai dari risiko kerusakan ringan hingga korban jiwa. Apa pun bisa terjadi di sepanjang jalan. Hal ini membuat banyak orang takut untuk mengemudi.

berkendara nyetir mobil pagi hari

Meski mobil saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi keselamatan yang canggih, namun risiko kecelakaan masih bisa terjadi. 

Oleh karena itu, berkendara dengan hati-hati merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua pengemudi. Berikut ini Tips Aman Saat Berkendara di pagi atau malam hari yang wajib Anda perhatikan.

Tips Aman Saat Berkendara

Pastikan fisik Dan Mental Prima

Sebelum berkendara, pastikan Anda sehat jasmani dan rohani. Jika Anda sedang sakit tentu konsentrasi dan tenaga akan terganggu sehingga besar kemungkinan kehilangan kendali atas kendaraan. Hindari mengemudi dalam keadaan mabuk atau dalam pengaruh alkohol karena dapat membahayakan orang di sekitar Anda.

Kondisi mental yang stabil juga penting. Tak jarang orang yang sedang marah justru mempercepat langkahnya untuk menenangkan diri. Ini merupakan hal yang berbahaya baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Istirahat yang cukup dan jaga emosi agar aman saat berkendara. Kesehatan fisik dan mental akan menjamin konsentrasi dan kendali penuh kendaraan.

Periksa Kondisi Kendaraan

Periksa juga kondisi kendaraan sebelum berkendara, terutama jika berkendara jarak jauh. Anda harus memperhatikan kondisi mesin, oli dan bahan bakar agar mobil tidak mogok di tengah jalan. Periksa juga kondisi ban dan serep mobil.

Pastikan ban mobil dan ban serep memiliki tekanan angin sesuai anjuran. Anda juga perlu memperhatikan kondisi ban agar tidak aus atau gundul. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya ban pecah di tengah jalan atau mobil tergelincir akibat ban gundul.

Atur Posisi Mengemudi

Posisi mengemudi juga penting. Pastikan Anda berada pada posisi yang nyaman untuk mengemudikan mobil. Apalagi jika Anda mengendarai mobil manual, posisi berkendara yang tepat sangatlah penting agar kaki Anda tetap nyaman saat menekan dan melepas kopling. Selain itu, posisi berkendara yang tepat juga dapat meningkatkan visibilitas saat berkendara baik bagian depan, belakang, maupun samping mobil.

Atur Posisi Spion

Kaca spion merupakan salah satu aspek terpenting dalam keselamatan berkendara. Kaca spion berfungsi untuk melihat bagian belakang atau samping mobil. Dengan begitu, Anda bisa melihat apakah ada kendaraan lain di samping dan belakang mobil sebelum berpindah jalur atau parkir.

Posisi kaca spion yang benar akan mengurangi titik buta dan memudahkan pengemudi melihat posisi kendaraan lain. Oleh karena itu, posisikan kaca spion Anda senyaman mungkin agar Anda aman saat berkendara.

Gunakan Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman dapat menyelamatkan nyawa jika terjadi kecelakaan. Bayangkan saja jika Anda sedang ngebut dan tiba-tiba menabrak sesuatu, momentum kecepatan tersebut bisa menyebabkan Anda terbentur dashboard atau bahkan terlempar keluar mobil.

Sabuk pengaman juga akan meningkatkan efektivitas airbag. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan sabuk pengaman. Kini, teknologi keselamatan mobil juga memberikan peringatan jika penumpang tidak mengenakan sabuk pengaman.

Ikuti Rambu Lalu Lintas

Rambu-rambu lalu lintas seperti batas kecepatan, peraturan pergantian jalur, lampu lalu lintas, dan lain-lain berguna agar pengemudi dapat mencapai tujuan dengan selamat. Untuk menjaga keselamatan, jangan melawan arus lalu lintas.

Melawan arus lalu lintas akan mengganggu pengemudi lain dan meningkatkan peluang Anda tertabrak kendaraan lain. Jadi, jangan heran jika Anda ditilang jika melanggar rambu lalu lintas. Ingatlah bahwa menaati rambu lalu lintas akan menjaga ketertiban dan menjamin keselamatan saat berkendara.

Atur Kecepatan

Mengebut saat berkendara sangatlah berbahaya. Saat ngebut, Anda punya waktu lebih sedikit untuk mengerem dan juga lebih sulit mengendalikan mobil. Selain itu, jika dipercepat, kendaraan akan lebih sensitif terhadap penyesuaian kemudi. Misalnya saja Anda sedang ngebut dan tiba-tiba berbelok untuk menghindari kendaraan lain, besar kemungkinan mobil akan lepas kendali dan mengalami kecelakaan.

Jadi, ikuti batas kecepatan agar lebih aman saat berkendara. Namun mobil yang terlalu lambat juga akan mengganggu pengemudi lain. Jangan berkendara pelan-pelan di jalur kanan karena akan mengganggu pengendara lain yang hendak menyalip. Jadi, atur kecepatan yang sesuai dengan jalurnya.

Gunakan Lajur Kanan Untuk Menyalip

Jalur kanan diperuntukkan bagi kendaraan yang lebih cepat sehingga jika ingin menyalip kendaraan lain gunakan jalur kanan. Saat menyalip, pastikan Anda juga memperhatikan kendaraan di sebelah kiri. Terkadang, banyak pengemudi yang berpindah jalur secara tiba-tiba.

Gunakan klakson jika perlu untuk menandakan bahwa Anda akan menyalip. Tekan klakson dengan sopan, jangan menekannya terlalu lama agar tidak mengganggu pengendara lain. Jika ingin berkendara lebih pelan, gunakan jalur kiri agar tidak mengganggu pengemudi yang hendak menyalip.

Jangan Bermain Hp Saat Mengemudi

Bermain ponsel saat mengemudi seringkali menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Ponsel menjadi sumber gangguan yang menyebabkan pengemudi kehilangan fokus saat berkendara.

Meski mobil saat ini sudah dilengkapi dengan fitur koneksi Bluetooth yang dapat memudahkan Anda melakukan panggilan telepon, namun mengemudi sambil melakukan panggilan telepon tetap bisa berbahaya. Jika harus menggunakan ponsel, sebaiknya menepikan kendaraan terlebih dahulu. 

Demikian ulasan artikel tentang Wow, Inilah Tips Aman Saat Berkendara Di Pagi Atau Malam Hari seperti yang dilansir slot gacor. Semoga bermanfaat. 

Technophoriajogja adalah Web untuk Pelatihan Komputer dan SDM Indonesia khusus Jogja - Technophoriajogja.com

0 Response to "Tips Aman Saat Berkendara Di Pagi Atau Malam Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel