Berapa Lama MacBook Air Bisa Bertahan? Simaklah Jawabannya Berikut ini

Konten [Tampil]

MacBook Air adalah sebuah laptop yang dipasarkan untuk mahasiswa ini, pelancong, dan siapapun yang membutuhkan perangkat portabel. Namun apakah desainnya yang ramping ini akan membuat komputer tahan lama? 

Sebagai seseorang yang selalu memperbaiki komputer Apple, kita sering mendapatkan pertanyaan ini. Siapa yang tidak ingin memastikan bahwa mereka membeli komputer yang tahan lama? 

Atau, jika Anda memiliki MacBook Air, maka mungkin Anda ingin tahu cara mempertahankannya selama mungkin. MacBook Air adalah komputer yang bisa bertahan 5-7 tahun, ini tergantung pada penggunaan.

Berapa Lama MacBook Air Bisa Bertahan? Simaklah Jawabannya Berikut ini

Namun, ada kemungkinan untuk mendapatkan lebih atau kurang dari umur tersebut jika penggunaan Anda turun tanpa rentang yang dibahas dan Anda memantau sistem dan menjaganya bebas malware ini. 

Berapa Lama MacBook Air Bertahan?

Secara umum, MacBook Air ini adalah salah satu jenis laptop yang dapat bertahan antara lima dan tujuh tahun lamanya. Cara penggunaan MacBook akan menjadi penentu utama masa pakainya. Penggunaan ringan ini, seperti menelusuri internet, mengerjakan program sederhana seperti Docs atau spreadsheet. 

Dan menggunakan notebook kurang dari 4 jam sehari ini meningkatkan umur perangkat hingga 7 tahun. Penggunaan berat, seperti menggunakan notebook untuk program yang menuntut komputasi seperti Photoshop, pengeditan video, ataupun bermain game berat tentunya akan mengurangi masa pakainya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Umur

Masa pakai total MacBook Air ini melampaui kemampuan fisik untuk mulai menjalankan dan melakukan pengoperasian. Kegunaan dan keamanan juga berperan. MacBook lama mungkin berfungsi dengan baik, jika tidak dapat melakukan tindakan yang diinginkan, apakah MacBook ini juga benar-benar tahan lama?

Baterai

Baterai pada MacBook Air versi 2010 dan versi yang jauh lebih baru tentunya telah dirancang untuk bisa menahan 80% daya hingga mencapai 1.000 siklus sebelum mulai berkurang secara signifikan. 

Mungkin diperlukan waktu tujuh tahun atau juga lebih bagi pengguna Udara ringan untuk mencapai 1.000 siklus, sedangkan jumlah siklus yang sama untuk para pengguna berat dapat dicapai dalam dua atau tiga tahun. 

Satu siklus penuh menguras baterai dan mengisi ulang ini hingga penuh. Namun, jangan pernah biarkan definisi ini menipu Anda. Satu siklus tidak harus dalam sekali duduk. 

Misalnya, Anda dapat mengisi daya baterai hingga penuh dan menggunakan 1/3 baterai, mengisi ulang hingga penuh dan menggunakan 2/3 masa pakai baterai, lalu mengisi ulang hingga - penuh. Hal yang satu ini sama dengan satu siklus penuh.

● Untuk memeriksa nomor siklus di MacBook Air, tahan tombol opsi dan klik tanda Apple di keyboard.

● Pilih Informasi Sistem.

● Perluas Perangkat Keras dan pilih Kekuasaan.

● Ini akan menampilkan Informasi Baterai.

● Jumlah siklus tercantum di bagian bawah pada Informasi Kesehatan.

●Jika ternyata baterai MacBook Air Anda hampir habis, Anda memiliki opsi untuk menggantinya.

Tidak Dapat Diupgrade

Salah satu nilai jual MacBook Air adalah desain perangkatnya yang ringkas dan ringan. Untuk mencapai hal ini, Apple telah mengambil beberapa kebebasan dengan struktur internal notebook. RAM dan SSD disolder pada tempatnya. 

Hal ini mencegah pelepasan RAM atau SSD, sehingga MacBook Air tidak dapat diupgrade. Namun, saat memilih MacBook Air ini, Apple memberi Anda opsi untuk meningkatkan RAM. 

Dan SSD dari model dasar secara bertahap, hingga RAM dan SSD tertinggi yang tersedia ini. Hal ini tentu saja akan menimbulkanbiaya tambahan yang signifikan. Namun, jika Anda berencana menggunakan MacBook Air selama bertahun-tahun yang akan datang ataupun jika Anda tahu bahwa Anda akan sering menggunakan perangkat tersebut, maka mungkin ada baiknya mengeluarkan tambahan output awal ini.

Sistem Operasi Kedaluwarsa

Perusahaan Apple terus menyempurnakan dan memperbarui sistem operasi atau OS nya. OS mengelola semua sumber daya komputer termasuk semua perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi. 

OS adalah sistem saraf pusat. Saat versi sistem operasi baru dirilis, versi lama tidak lagi didukung. Tidak lagi didukung berarti pengembang, maka Apple tidak akan merilis pembaruan atau patch OS lama tersebut.

Kurangnya dukungan ini tentu dapat menyebabkan kerentanan pada sistem serta aplikasi dan layanan yang tidak didukung. Saat ini Apple mendukung tiga versi terbaru sistem operasinya yaitu Monterey 12 , Big Sur 11, dan Catalina 10.15. Untuk melihat versi OS yang berjalan di MacBook Air Anda, klik ikon Apple di sudut layar dan pilihlah Tentang Mac ini. Ini akan menampilkan nama OS serta nomor versinya.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda tidak bisa begitu saja memperbarui sistem operasi pada perangkat lama ke versi baru. Apple merilis versi baru sistem operasinya biasanya setahun sekali pada bulan Oktober. Rilis baru juga akan kompatibel dengan peningkatan dengan versi tertentu sebelumnya.

Apple tidak membuat versi terbaru ini kompatibel dengan semua versi sebelumnya karena kemungkinan perangkat yang menjalankan versi lebih lama tidak akan mampu menangani permintaan komputasi yang diperlukan oleh OS terbaru serta program dan aplikasi yang dirancang untuk berfungsi dengan OS baru.

Demikian ulasan tentang Berapa Lama MacBook Air Bisa Bertahan? Simaklah Jawabannya Berikut ini seperti yang dilansir slot online, semoga bermanfaat.

Technophoriajogja adalah Web untuk Pelatihan Komputer dan SDM Indonesia khusus Jogja - Technophoriajogja.com

0 Response to "Berapa Lama MacBook Air Bisa Bertahan? Simaklah Jawabannya Berikut ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel