Cara Menentukan dan Menganalisis Target Pasar Anda

Konten [Tampil]

Untuk menciptakan pelanggan yang loyal dan juga setia, maka seorang usaha kecil perlu mengetahui siapa mereka. 

Tidak semua orang yang membeli produk atau layanan Anda akan cocok dengan profil yang sama, namun akan jauh lebih efektif jika Anda berfokus pada basis pelanggan inti daripada menyebarkan jaringan yang terlalu luas. 

Menganalisis Target Pasar Anda

Selain membantu Anda menyederhanakan penawaran, hal yang satu ini juga membekali Anda untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para pelanggan tersebut.

Memahami Target Pasar Anda

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menggambarkan basis pelanggan inti Anda adalah 'target pasar'. Mereka adalah orang-orang yang keinginan, nilai, dan kebutuhannya paling selaras dengan apa yang ditawarkan bisnis kepada mereka. 

Pada akhirnya, mereka sudah mencari apa yang dimiliki. Memahami target pasar akan memerlukan penelitian atas asumsi. 

Ini tentang mencoba memahami lebih dalam siapa orang-orang tersebut, apa saja motivasi mereka, dan bagaimana Anda dapat menjangkau mereka.

Demografi seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan situasi keluarga juga akan memberi Anda sebuah gambaran yang lebih luas tentang gaya hidup mereka. Selain itu, pertimbangkan juga detail kecil dari kehidupan sehari-hari mereka. 

Dimana mereka bekerja? Apa saja hal yang memberi mereka kesenangan di luar pekerjaan? Apa tujuan hidup mereka? 

Jawaban atas pertanyaan seperti ini membantu Anda menciptakan pemahaman otentik tentang siapa mereka alih-alih mengandalkan firasat.

Cara Menentukan Target Pasar Anda

Mengharapkan demografi tertentu atau menebak-nebak tidak akan membantu menentukan target pasar. Hal ini memerlukan tinjauan mendalam terhadap produk dan layanan, perilaku pelanggan yang ada, dan pasar keseluruhan. Menguraikan proses akan memberi fokus, arah, dan wawasan maksimal. 

Buat Profil Pelanggan dan Segmen Pasar

Segmentasi pasar ini sendiri adalah sebuah proses pengorganisasian kelompok berdasarkan berbagai kategori, seperti demografi dan psikografis. 

Seperti yang telah dibahas pada sebelumnya, demografi adalah sebuah hal yang menggambarkan karakteristik yang lebih bersifat permukaan dan dasar, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, latar belakang etnis, serta status perkawinan dan juga keluarga. 

Psikografis, di sisi lainnya, menawarkan pandangan yang jauh lebih dalam tentang siapa sebenarnya orang tersebut, seperti perilaku, nilai, kepribadian, dan gaya hidup. 

Penting untuk mempertimbangkan demografi dan juga psikografis ketika mencoba melakukan analisis lengkap terhadap target pasar Anda.

Buat Profil Pelanggan dan Segmen Pasar

Segmentasi pasar ini adalah pengorganisasian suatu kelompok berdasarkan berbagai kategori, seperti demografi dan psikografis. 

Demografi menggambarkan karakteristik seseorang yang mendasar, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, latar belakang etnis, dan status perkawinan atau juga keluarga.

Psikografis menawarkan wawasan psikologis tentang siapa sebenarnya manusia sebagai individu, seperti perilaku, kepribadian, dan gaya hidup mereka. 

Anda akan mendapatkan segmentasi dan pembuatan profil yang lebih akurat ketika Anda mempertimbangkan demografi dan psikografis dalam analisis Anda.

Nilai Kompetisinya

Gunakan alat online yang telah dibahas di atas untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang lanskap persaingan. Siapa saja bisnis yang menawarkan produk dan layanan serupa?

Berapa tarif yang dikelauarkan? Apa yang mereka lakukan secara berbeda? Anda dapat membuat bagan analisis SWOT untuk menunjukkan kelemahan, kekuatan, peluang dan risiko bagi bisnis Anda dan bisnis mereka. 

Ini juga akan memberi Anda gambaran bagus tentang perbaikan apa yang dapat Anda lakukan, dan di mana saja keunggulan Anda. 

Jika Anda mencari pelanggan di ruang yang sangat kompetitif, pastikan Anda mengetahui USP Anda dengan baik. Lebih sulit untuk sukses ketika Anda bersaing dengan banyak orang lain, jadi kembangkanlah pemahaman menyeluruh tentang mengapa Anda unggul di atas mereka.

Menggunakan Analisis Target Pasar Anda

Setelah Anda menyelesaikan beberapa analisis Anda, gunakan data tersebut. Berikut ini beberapa cara menggunakan wawasan yang Anda kumpulkan untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis Anda:

  1. Pengembangan Produk : Jika analisis Anda mengungkap adanya lubang di pasar, rencanakan bagaimana layanan dan produk baru atau bagian yang lebih baik dari penawaran Anda yang sudah ada dapat menutupnya.
  2. Pasar Khusus : Apakah Anda mengidentifikasi kelompok yang kurang terlayani? Daripada mengejar pelanggan yang sama dengan pesaing Anda, jelajahi pasar yang belum dimanfaatkan ini.
  3. Peluang Ekspansi : Jika Anda mengidentifikasi area yang kurang terlayani saat menilai pasar lokal, Anda mungkin mempertimbangkan untuk melakukan waralaba atau menambah lokasi baru.
  4. Strategi Penetapan Harga : Jika wawasan mengenai pesaing Anda menunjukkan bahwa Anda menetapkan harga di luar pasar atau tidak mengenakan biaya yang cukup, gunakan data komparatif untuk menentukan harga atau kesepakatan yang kompetitif.
  5. Pemasaran : Target pasar Anda harus menjadi dasar strategi pemasaran Anda. Gunakan apa yang Anda ketahui untuk menentukan saluran dan pesan mana yang akan digunakan saat berkomunikasi dengan pelanggan. 

Kapan pun Anda berpikir untuk menerapkan sesuatu yang baru, baik itu platform sosial atau kampanye promosi, periksa analisis Anda untuk melihat apakah hal tersebut kemungkinan akan mendapatkan respons positif.

Demikian ulasan tentang Cara Menentukan dan Menganalisis Target Pasar Anda seperti yang dilansir game online, Semoga bermanfaat.

Technophoriajogja adalah Web untuk Pelatihan Komputer dan SDM Indonesia khusus Jogja - Technophoriajogja.com

0 Response to "Cara Menentukan dan Menganalisis Target Pasar Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel